Selalu Bergaya dan Nyaman

Telegram Akan Segera Dibuka Kembali Oleh Pemerintah Pada Minggu Ini

Gambar: selular.id
0

GayunanID | Seperti yang kita tahu, pada tanggal 14 Juli 2017 kemarin pemerintah Indonesia resmi memblokir akses ke aplikasi web Telegram. Pemblokiran ini dilakukan karena Telegram telah menjadi alat komunikasi, alat penyebaran paham radikal dan terorisme. Namun, pemblokiran ini tidak permanen karena Telegram akan segera dibuka kembali.

Seperti yang dilansir dari laman Kompas.com, pemerintah kembali membuka akses Telegram setelah badan Kemenkominfo bertemu langsung dengan CEO Telegram Pavel Durov pada 1 Agustus kemarin. Dalam pertemuan tersebut Menkominfo Rudiantara dan CEO Telegram Pavel Durov membahas tentang konten radikal yang berada di situsnya.

Telegram Akan Segera Dibuka Kembali Pada Minggu Ini

Telegram Akan Segera Dibuka Kembali Oleh Pemerintah Pada Minggu Ini
Gambar: ecestaticos.com

Perlu kamu tahu, pemblokiran yang dilakukan pemerintah bukanlah pemblokiran massal. Maksudnya pemerintah hanya memblokir akses ke aplikasi web Telegram saja. Jadi kita masih bisa membuka aplikasi Telegram di Android mapun iOS.

Pembukaan 11 DNS Telegram yang diblokir pemerintah ini rencananya akan dilakukan dalam waktu dekat, atau dalam kurun 1 minggu ini. Namun, pihak Telegram harus memenuhi 4 syarat yang dilontarkan oleh badan Kemenkominfo, syarat tersebut adalah:

  1. Telegram diminta untuk membuat Government Channel di Telegram. Hal ini bertujuan supaya mempermudah komunikasi pemerintah dengan pengguna Telegram di Indonesia.
  2. Kemenkominfo meminta Telegram supaya mereka mempunyai hak akses Trusted Flagger (badan yang terpercaya) guna mengontrol akun dan kanal yang ada di Telegram.
  3. Pemerintah meminta Telegram supaya membuka kantor perwakilan di Indonesia
  4. Dalam persoalan filtering (penapisan konten), pemerintah akan berusaha untuk melakukan perbaikan baik itu dari segi proses, organisasi, teknik dan sumber daya manusianya.

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang harus dilakukan oleh pihak Telegram supaya aplikasi miliknya dapat dibuka kembali di Indonesia. Kembali kepada pemerintah, mungkin dengan cara ini mereka dapat mencegah tersebar-nya paham radikal dan terorisme yang sangat menakutkan. Tapi apa kamu punya pendapat lain?

Kabar bahwa Telegram akan segera dibuka kembali ini seperti sebuah angin segar bagi para pecinta Telegram di seluruh Indonesia. Ikuti terus GayunanID untuk mendapatkan berita viral seputar teknologi lainnya.

Facebook Comments
Loading...