Selalu Bergaya dan Nyaman

5 Alternatif Adobe Premiere Terbaik, YouTubers Wajib Coba Nih

Gambar: blackmagicdesign.com
0

GayunanID | Adobe Premiere adalah perangkat lunak pengedit video yang sangat terkenal saat ini. Karena harganya yang sangat mahal, di Indonesia mungkin hanya para YouTubers sukses saja yang menggunakan software canggih ini. Tapi kamu tidak usah khawatir karena masih ada kok 5 Alternatif Adobe Premiere terbaik yang bisa kamu coba, khususnya kamu para YouTubers pemula.

Seperti yang kita tahu, bagi YouTubers sebuah software editing video merupakan salah satu alat yang wajib ada. Kualitas sebuah video juga ditentukan dari alat satu ini. Oke, tidak usah panjang lebar inilah 5 Alternatif terbaik pengganti Adobe Premiere.

YouTubers Wajib Coba, Inilah 5 Alternatif Adobe Premiere Terbaik

1. Apple Final Cut Pro X

Khusus kamu para YouTubers pemula, tidak usah khawatir karena kekurangan Modal, masih ada kok 5 Alternatif Adobe Premiere terbaik yang bisa kamu coba,
Gambar: apple.com

Untuk Alternatif pertama ada Apple Final Cut Pro X, mungkin bagi pengguna MacOS software ini sudah tidak asing. Final Cut Pro X adalah salah satu software Editing video terbaik yang ada di MacOS, mempunyai antarmuka yang intuitif dan efisien, dapat bekerja pada beberapa format, pengaturan media dengan metadata, dan memiliki kinerja yang memuaskan.

Selain itu software ini juga membawa fitur Magnetic Timeline 2, mendukung Touch Bar yang berguna untuk pengkodean warna otomatis, membuat video 3D, Edit video 360 derajat, dan masih banyak lagi. Final Cut Pro X juga mampu mengedit file video ber-resolusi 4K dan mode fast rendering.

  • Kelebihan Apple Final Cut Pro X

  1. Menawarkan antarmuka yang mudah dipahami, bahkan hampir mirip dengan antarmuka Adobe Premiere.
  2. Format file yang telah disimpan dapat dibuka dan diedit kembali menggunakan software lain, termasuk Adobe Premiere.
  • Kekurangan Apple Final Cut Pro X

  1. Hanya mendukung MacOS, sementara Adobe Premiere mendukung Windows dan MacOS.

Harga: Free Trial selama 30 Hari, selanjutnya harus membayar $299.99 untuk menggunakan versi Pro

Platform Support: MacOS X 10.11.4 atau yang lebih tinggi

2. Vegas Pro

Khusus kamu para YouTubers pemula, tidak usah khawatir karena kekurangan Modal, masih ada kok 5 Alternatif Adobe Premiere terbaik yang bisa kamu coba,
Gambar: vegascreativesoftware.com

Bagi kamu pengguna setia Windows, kami sarankan untuk menggunakan software Editing video Vegas Pro. Mempunyai antarmuka yang nyaman dan intuitif degan tata letak yang fleksible, Vegas Pro merupakan pilihan terbaik bagi kamu yang belum mampu membeli Adobe Premiere.

Selain itu, Vegas Pro juga memiliki fitur yang hampir mirip dengan Final Cut Pro X. Vegas Pro telah bekerja pada ProRes HD-enabled video codec. Dengan fitur ini maka kamu dapat menghasilkan video yang menakjubkan dan mendukung resolusi 4K.

  • Kelebihan Vegas Pro

  1. Mendukung 3D video editing yang hampir sama seperti Adobe Premiere.
  2. Telah menggunakan teknologi Scripting. Dimana fitur ini berguna untuk produktivitas yang lebih besar.
  3. Mampu menjalankan beberapa proyek secara bersamaan (multitasking).
  • Kekurangan Vegas Pro

  1. Hanya Mendukung Windows.
  2. Lumayan Mahal, Karena software ini tidak menawarkan fitur berlangganan.
  3. Beberapa fitur seperti ‘motion tracking’ tidak tersedia dan fitur multi-cam yang jauh berbeda daripada Final Cut Pro X dan Adobe Premiere Pro.

Harga: Free Trial Selama 30 Hari dan $599 untuk versi Full Version-nya.

Platform Support: Windows 7, atau yang lebih tinggi.

3. Lightworks

Khusus kamu para YouTubers pemula, tidak usah khawatir karena kekurangan Modal, masih ada kok 5 Alternatif Adobe Premiere terbaik yang bisa kamu coba,
Gambar: macworld.com

Jika kamu mencari software editing video yang menyediakan fitur Cross-platform mungkin Lightworks menjadi pilihan yang sangat tepat. Bukan hanya mendukung Windows dan MacOS, Lightworks juga mendukung OS Linux. Antarmuka Lightworks ini dapat kamu atur sesuka hati dengan cara digeser sesuai keinginan kamu.

Seperti pengedit video lainnnya, software ini juga mendukung pengeditan multi-cam. Selain itu Lightworks juga mendukung fitur macro yang berguna untuk mempercepat proses editing dan rendering.

  • Kelebihan Lightworks

  1. Mempunyai banyak pilihan untuk kustomisasi transisi (transitions) dan animasi.
  2. Mempunyai fitur berbagi proyek dengan kelompok atau tim secara real-time (seperti teamviewer).
  3. Mendukung multi-platform.
  • Kekurangan Lightworks

  1. Untuk versi gratis, saat meng-Eksport kita dibatasi oleh resolusi tertentu.
  2. Fitur-fitur canggih sangat dibatasi untuk versi Gratis-nya seperti berbagi proyek, fast rendering, dan masih banyak lagi.

Harga: Gratis dengan fitur yang terbatas dan $24.99 untuk 1 Bulan, $174.99 untuk 1 Tahun, $437.99 untuk Selamanya.

Platform Support: Windows, MacOS, Linux.

4. DaVinci Resolve

Khusus kamu para YouTubers pemula, tidak usah khawatir karena kekurangan Modal, masih ada kok 5 Alternatif Adobe Premiere terbaik yang bisa kamu coba,
Gambar: blackmagicdesign.com

Sama seperti Lightworks, DaVinci Resolve adalah software editing video cross-platform. DaVinci Resolve membunyai 2 versi yaitu versi Gratis dan Berbayar, untuk versi berbayar tentunya memiliki fitur yang lebih banyak dibanding versi gratis seperti, multiple GPU support, 4K mastering, HDR grading, motion blur effects, noise reduction, 3D, multi-user tools dan masih banyak lagi.

Pada versi terbarunya software ini membawa fitur yang mengagumkan yaitu pengeditan audio yang Fairlight yang berguna untuk editing 3D audio, fitur multi user, dan masih banyak lagi. Seperti software editing video lainnya, DaVinci Resolve juga mendukung pengeditan multi-cam. Selain itu format file DaVinci Resolve dapat bermigrasi ke software editing lain seperti ke Final Cut Pro X atau Adobe Premiere.

  • Kelebihan DaVinci Resolve

  1. Fitur Fairlight Studio yang dapat bekerja dengan audio stream dan dapat mengangani hingga 1000 track audio tanpa mempengaruhi kinerja aplikasi tersebut.
  2. Menawarkan kolaborasi multi-user dalam editing video, colorists dan mixer audio.
  3. Mendukung Hardware Control Panels untuk para profesional.
  • Kelemahan DaVinci Resolve

  1. Pengeditan multi-cam yang dibatasi hingga 16 sumber saja, sedangkan Adobe Premiere tidak terbatas.
  2. Membutuhkan spesifikasi PC/komputer yang tinggi supaya dapat berjalan dengan baik.

Harga: Gratis dengan fitur terbatas dan $299 untuk versi Studio

Platform Support: Windows, MacOS, Linux.

5. Kdenlive

Khusus kamu para YouTubers pemula, tidak usah khawatir karena kekurangan Modal, masih ada kok 5 Alternatif Adobe Premiere terbaik yang bisa kamu coba,
Gambar: kdenlive.org

Kamu seorang YouTubers pemula yang tidak punya uang banyak, tapi ingin terlihat profesional? Jangan khawatir guys, karena ada juga lho software editing video gratis tapi mempunyai fitur yang mumpuni yaitu Kdenlive. Seperti multi-track video editing, mendukung format numerous audio/video, audio/video scopes, timeline dan masih banyak lagi.

Namun tetap saja, fitur Kdenlive masih kalah jauh dibanding keempat software berbayar diatas. Walaupun begitu, software ini sudah lebih dari cukup untuk para YouTubers pemula seperti kamu.

  • Kelebihan Kdenlive

  1. Open-source (gratis) dan termasuk ‘Top 5 alternatif Adobe Premiere’.
  2. Mendukung proxy editing dan tidak membutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi.
  • Kelemahan Kdenlive

  1. Tidak mendukung fitur multi-user yang sangat penting untuk bekerja secara tim.
  2. Karena software ini open-source, kita tidak bisa mengharapkan fitur canggih walaupun versinya terus ditingkatkan.

Harga: Gratis

Platform Support: Windows, MacOS, Linux.

Kesimpulan

Jika kita lihat perbandingan ke 5 Alternatif Adobe Premiere diatas, maka pilihan kami jatuh kepada DaVinci Resolve. Walaupun gratis namun, software ini memiliki fitur yang beragam dan pilihan kustomisasi yang lumayan banyak. Tapi jika kamu sedang mencari software berbayar selain Adobe Premiere maka kami sarankan untuk memilih Final Cut Pro X untuk pengguna MacOS atau Lightworks untuk pengguna Windows.

Lalu, software mana yang kamu pilih untuk 5 Alternatif Adobe Premiere Terbaik ini? Share pendapat kamu dikolom komentar ya dan jangan lupa ikuti terus GayunanID untuk mendapatkan info dan tips & trick lainnya seputar Gadget dan Teknologi, See You.

Facebook Comments
Loading...